Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Seblak Enak, Bunda Wajib Tahu!

Cara membuat seblak enak
Seblak makanan khas Sunda

Siapa yang tidak kenal dengan seblak. Jajanan populer asal Bandung yang di gemari oleh banyak orang, terutama generasi muda. Umumnya makanan ini terdiri dari rendaman kerupuk yang di lengkapi dengan berbagai isian toping, mulai dari irisan bakso, sayur, telur, sosis, aneka seafood, dan beragam pilihan lainnya.

Ciri khas dari jajanan ini adalah kuahnya yang gurih sekaligus pedas. Outlet yang menjual seblak sudah tersebar hampir di seluruh pelosok negeri. Cita rasanya juga di sesuaikan dengan selera masyarakat lokal.

Namun hal itu tidak mengubah kenikmatan seblak, makanan tetap jadi pilihan favorit di antara yang lainnya. Seblak sebenarnya terbagi jadi dua jenis, goreng dan kuah. Sesuai dengan namanya, perbedaan kedua jenis seblak ini terletak pada kuah pedasnya.

Seblak dengan kuah segar mungkin jadi yang lebih familiar kamu lihat di jual di pinggiran jalan. Kini varian toping seblak juga sudah semakin bervariasi, dari yang dulunya hanya rendaman kerupuk dan oseng telur.


Kini banyak bermunculan menu seblak yang di kreasikan oleh penjual agar semakin menarik minat pembeli. Mulai dari pilihan seafood, tulang, ceker ayam, dan masih banyak yang lainnya.

Jika kamu penggemar seblak, tidak lengkap rasanya apabila belum pernah meracik makanan ini sendiri di rumah. Meski mudah di temukan di mana mana, seblak masakan sendiri tentu akan meninggalkan kesan berbeda.

Dengan memasak sendiri kamu juga dapat mendapat porsi yang lebih banyak untuk dimakan bersama keluarga di rumah.Tak usah khawatir, cara pembuatan seblak juga tergolong mudah, lho. Kamy juga bisa menambahkan isian sesuai dengan selera.

Penasaran kan? Langsung saja simak cara mudah membuat seblak berikut ini.

Bahan-Bahan:

  • 1 genggam kerupuk mentah, rebus sampai terasa empuk
  • 1 gengggam makaroni mentah, rebus hingga setengah matang
  • 5 buah bakso yang di iris tipis
  • 2 buah sosis yang di iris tipis
  • Sayur sawi secukupnya, iris sesuai selera
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Air untuk kuah
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu

Sedangkan untuk bumbu halusnya, terdiri dari:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 3 buah cabai merah kering
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 ruas kencur
  • 2 butir kemiri


Pada tahap awal, siapkan terlebih dahulu bumbu dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah kering, cabai rawit, kencur, serta kemiri. Kamu juga bisa menggunakan blender jika ingin lebih praktis.

Setelah bumbu seblak siap, selanjutnya panaskan wajan dengan api sedang. Tuangkan minyak goreng secukupnya. Ketika minyak sudah panas, tumis bumbu halus tadi sampai matang dan mengeluarkan aroma harum. Ciri lain dari bumbu yang sudah matang adalah warnanya cenderung lebih pekat.

Kocok satu butir telur dalam wadah, masukkan dan orak arik sebentar. Masukkan juga bahan-bahan lain seperti irisan bakso dan sosis. Jangan lupa aduk hingga merata. Tambahkan air secukupnya, aduk-aduk lagi sampai air tercampur dengan bumbu dan semua bahan.


Tambahkan bumbu penyedap seperti garam dan kaldu bubuk. Aduk rata dan tunggu air mendidih. Masukkan sawi yang sudah di potong, masukkan juga makaroni setengah matang tadi. Masak sebentar hingga semua sayuran matang.

Terakhir, masukkan kerupuk mentah yang sudah di rebus hingga empuk, satukan dengan yang lain. Aduk serta diam kan sebentar. Icip rasa seblak dan tambahkan garam atau kaldu bubuk jika di perlukan. Jika kamu penyuka pedas, tambahkan bubuk cabai juga.

Saat rasa sudah pas, kamu bisa langsung angkat dan pindahkan ke mangkuk. Selesai! Seblak pun siap untuk dihidangkan.

 

Tips Membuat Seblak Anti gagal

Meskipun membuat seblak terbilang mudah, tetap saja ada orang yang gagal saat membuat jajanan yang satu ini. Alasannya beragam, mulai dari air yang kebanyakan, kerupuk yang kurang matang, atau rasa yang hambar.

Untuk itu yuk perhatikan tips berikut ini agar tidak gagal dan rasanya seenak milik para pedagang kaki lima.

1.Rendam kerupuk

Pertama, pastikan merendam kerupuk hingga benar-benar empuk. Kerupuk sebagai bahan utama berpengaruh besar terhadap rasa dari seblak itu sendiri. Dalam kasus kerupuk yang punya tekstur keras, rendamlah dengan air panas selama 30 menit hingga empuk.

Salah satu kekeliruan lain ketika membuat seblak yang mempengaruhi rasa secara signifikan adalah tidak menumis bumbu hingga matang.

Sebelum memasukkan bahan-bahan penunjang, jangan lupa untuk memastikan bahwa bumbu kamu sudah matang dan mengeluarkan aroma harum. Karena bumbu mentah bisa memberikan rasa bawang yang mentah yang kurang enak.

2.Takaran air yang tepat

Seblak akan terasa kurang nikmat jika kamu tidak memasukkan jumlah air dengan takaran yang tepat, jika terlalu banyak air akan terasa hambar. Permasalahan ini banyak di alami para pemula yang masih ragu saat belajar masak.

Supaya takaran airnya pas, sesuaikan dengan resep yang sudah di tulis di atas. Jangan abaikan step by step dalam memasak.

Memasak memang perlu strategi, perhatikan timing saat kamu memasukkan bahan-bahan untuk membuat seblak. Seperti memasak bumbu di awal, di lanjutkan dengan memasukkan bahan dengan tekstur keras, baru setelah itu sayur atau kerupuk di tambahkan.

3. Tambahkan bubu penyedap

Tambahkan bumbu penyedap untuk memaksimalkan rasa seblak yang kamu buat. Sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai menambahkan terlalu banyak hingga membuatnya terlalu asin.

 

Bagaimana? Membuat seblak bukan hal yang sulit, kan? Kamu hanya perlu punya sedikit feeling saat memasak. Skill ini akan semakin terasah seiring pengalaman memasak kamu yang bertambah. Langsung praktikkan cara membuat makanan khas Sunda yang satu ini di rumah ya Bund.