Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Nasi Goreng Sederhana, Bunda Wajib Tahu!

Resep Nasi Goreng Sederhana


Sepanjang generasi pastinya mengalami perkembangan zaman yang memudahkan mereka dalam banyak hal, baik gaya hidup, teknologi, transportasi, sampai dalam hal sandang pangan.

Kreativitas manusia pun tak kunjung habis dalam membuat inovasi yang rata-rata viral di media sosial.

Dengan perkembangan yang lebih memudahkan manusia dalam beraktivitas tentunya membuat beberapa orang malas melakukan kegiatan yang terlalu memakan banyak waktu, salah satu contohnya memasak.

 

Makan merupakan kebutuhan pokok manusia. Untuk bisa makan, manusia di haruskan masak terlebih dahulu.

Namun beberapa orang memilih untuk membeli sayur atau lauk yang sudah siap santap atau pilihan lain yaitu masak menggunakan bumbu siap saji yang cukup menghemat budget dan menghemat waktu.

Hal tersebut memang simpel untuk diterapkan khususnya oleh Generasi Milenial dan Generasi Z, namun apakah menghasilkan kepuasan dalam menyantapnya?

Terkadang sayur dan lauk yang sudah matang tidak cocok dengan lidah atau selera setiap individu, di karenakan gaya masak yang berbeda, takaran bumbu yang berbeda, ukuran rasa asin, pedas, manis yang juga tak selalu sama.

 

Bosan dengan makanan yang menunya itu-itu saja, atau makanan siap saji yang tidak cocok di lidah tapi kantong kering dan malas masak dengan menu yang ribet? Masak nasi goreng sederhana pilihan santapan warga Indonesia.

Nasi goreng kerap hubungannya dengan makanan warga lokal Indonesia. Makanan pokok mereka yang berupa nasi putih tersebut banyak dikreasikan menjadi berbagai bentuk makanan yang cukup menarik. Salah satu kreasi masakan dari nasi putih tersebut yaitu nasi goreng.

Nasi goreng merupakan pilihan makanan praktis untuk sarapan maupun makan malam. Rasanya pun disukai oleh hampir semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, orang tua hingga sampai lansia.


Cara masaknya pun cukup mudah sehingga bisa dilakukan oleh para remaja, orang dewasa, orang tua bahkan sampai lansia.

Bukan hanya itu, nasi goreng memiliki bahan dan bumbu yang cukup sedikit sehingga menghemat keuangan yang tentunya cocok untuk anak kost. 

Selain waktu yang di butuhkan cukup singkat dan bahan bumbu dasar yang simpel serta penghematan budget, cara membuat nasi goreng pun di katakan mudah prosesnya.


Hal itu di karenakan bahan dan bumbunya yang sudah pasti ada di dapur kita semua. Seperti bawang merah, bawang putih, cabai, telur, dan bahan utamanya yaitu nasi putih.

Kemudian bahan tersebut diolah menjadi satu kesatuan dalam wajan sebagai alat dalam masak. Sederhana bukan? Tetapi kesederhanaan prosesnya tidak menutup cita rasa sedap di lidah yang tiada tara.

Menu masakan ini tidak hanya di padukan dengan telur saja, melainkan bisa di padukan dengan berbagai macam pilihan toping seperti bakso, ikan, ayam, sosis, tomat, dan varian sayur seperti sayur kol, jamur dan sawi. Variasi tersebut tergantung dengan selera masing-masing.


Meskipun di kenal dengan penyajian yang mudah untuk di buat, faktanya tidak semua orang bisa membuat nasi goreng yang enak dan sedap seperti masakan ibu rumahan.

Kangen masakan rumahan ala ibu? Berikut bahan dan cara membuat nasi goreng sederhana ala rumahan yang mudah dan praktis untuk kamu!

 

Bahan yang dibutuhkan:

  • Satu piring nasi sesuai porsi yang anda inginkan
  • 1 butir telur ayam
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam / sesuaikan rasanya
  • 5 buah cabai / sesuaikan dengan selera pedas anda
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sdm kecap ikan / kecap manis
  • Sosis
  • 1 batang daun bawang
Selanjutnya teman-teman bisa menambahkan beberapa topping yang cocok untuk dipadukan dalam masak nasi goreng, bahan tersebut berupa:
  • Sayur kol, sawi, atau tomat dan yang lainnya
  • Bakso
  • Daging ayam cincang
  • Ikan
  • Dan topping lainnya sesuai selera teman-teman.

 

Cara Memasak:

  1. Tumis bawang putih yang sudah di cincang atau di iris tipis sampai harum,
  2. Tambah bahan bumbu selanjutnya seperti bawang merah, cabai dan daun bawang,
  3. Masukkan telur ayam yang sudah di kocok lalu diorak-arik,
  4. Selanjutnya masukkan topping yang akan di campurkan ke dalam wajan, tumis semua bahan yang sudah di masukkan,
  5. Tahap selanjutnya bahan pokok yaitu nasi putih, aduk sampai merata,
  6. Taburkan bumbu seperti garam, penyedap rasa, dan kecap,
  7. Aduk hingga merata semua bahan yang sudah di satukan dan tunggu hingga tercium aroma sedap yang menandakan masakan sudah matang,
  8. Jika sudah matang, nasi goreng dari wajan pindahkan ke piring. Dan nasi goreng pun siap santap.

 

Mudah bukan membuat nasi goreng enak di rumah?

Kreasi tampilan membuat nasi goreng ini banyak variasinya, dari nasi goreng simpel, nasi goreng sederhana, nasi goreng bakso, sosis, omlet, dan nasi goreng spesial.

Banyak pilihan masakan simpel untuk keluarga atau anak kost yang hidup mandiri dan sering kali rindu masakan rumah.

Salah satunya nasi goreng legend yang memiliki tampilan nasi goreng putih sederhana ala masakan ibu. Nasi goreng putih ini merupakan ide masak sederhana yang membuat penikmatnya selalu teringat akan kelezatan sederhana yang tercipta.


Selain itu, bahan bumbunya yang sangat simpel ini mendukung akan ketertarikan untuk membuatnya. Hanya memerlukan bawang putih, bawang merah, cabai, dan garam bisa menciptakan masakan yang enak.

Di masa zamannya, nasi goreng putih sederhana tersebut banyak di sukai orang-orang karena khas masakan rumah.

Tidak hanya pada zamannya, hingga sekarang pun masih banyak di rindukan khususnya Generasi Z dan Milenial.


Selain nasi goreng putih sederhana, masak nasi dengan kreasi simpel dengan di tambahkan kecap manis pun tidak kalah digandrungi masyarakat.

Dengan penambahan kecap dalam nasi goreng tersebut membuat cita rasa baru yang menghasilkan rasa pedas manis.

Di bandingkan dengan nasi goreng putih sederhana yang rasanya kuat akan asin dan bawang saja, penambahan kecap menjadi inovasi dalam kreasi masak nasi goreng.

Siapa sangka masakan simpel dan hemat ini mampu memikat lidah hampir semua kalangan usia? Tertarik mencoba?


Semoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba. Makan hemat tapi lezat dan bergizi? Nasi goreng solusinya!